Pengertian Blackken, Blacksang, Mozken, Narijo dan Sangken

Apa Itu Arti Blacksang, Blackken, Sangken, Mozken dan Narijo – Dunia berhobi burung kicauan, hingga saat ini memang terus mengalami perkembangan. Baik itu mulai dari macam-macam jenis burung yang masuk, hingga persilangan dari indukan tertentu dengan tertentu. Tak puas menghasilkan silangan burung dari spesies yang sama dengan varietas berbeda, misalnya kenari lokal dengan yorkshire, para kicaumania pun terus melakukan inovasi. Tujuannya adalah untuk menciptakan pengicau baru yang mempunyai suara lebih menjanjikan.

Selain kenari F1, F2, F3, F4, AF, AFs, YS dan Loper, sebagian kalangan kicaumania tanah air, saat ini mulai dihebohkan lagi dengan istilah-istilah yang baru-baru ini muncul. Perbincangan hangat dan pertanyaan-pertanyaan pun mulai banyak terpapar mengenai apa itu artinya Blackken, Blacksang, Mozken, Narijo dan Sangken. Beberapa istilah tersebut, sebenarnya bukanlah jenis burung yang merupakan aslinya, baik itu pada genus ataupun familia tertentu. Melainkan hasil persilangan dari genetika atau indukan burung yang berbeda spesies dan tentunya beda varietas.

pengertian dan apa itu artinya Blackken, Blacksang, Mozken, Narijo dan Sangken

Sehubungan dengan istilah-istilah baru yang mana masih banyak dipertanyakan, sesungguhnya bersangkut paut dengan blakthroat (black-throated canary), sanger, mozabik, kenari dan burung gereja. Dimana beberapa jenis pengicau tersebut adalah burung-burung yang ikut terlibat atau lebih tepatnya merupakan indukan utama yang telah banyak disilangkan dan kemudian menghasilkan filial atau keturunan baru yang disebut dengan Sangken, Mozken, Blacksang, Blackken dan Narijo. Untuk ulasan lebih jelasnya, silahkan simak informasi lengkapnya sebagai berikut;

  1. Blackken : hasil dari persilangan kenari dengan blackthroat
  2. Sangken : anak dari indukan utama kenari dan burung sanger
  3. Mozken : anakan dari persilangan burung mozabik dengan kenari
  4. Blacksang : hasil persilangan dari blackthroat dengan burung sanger
  5. Narijo : persilangan antara kenari dan burung gereja yang kemudian menghasilkan Narijo.

Sebagaimana yang telah dimuat dari situs omkicau.com, persilangan dari beberapa burung tersebut, yang mana beda spesies, di situ dijelaskan bahwa pengeksplorasian genetika indukan yang melibatkan blackthroat, kenari, mozabik, sanger dan burung gereja, di Indonesia telah berlangsung pada tahun-tahun lalu, atau lebih tepatnya di era 90-an. Para kicaumania tanah air, mulanya menyilangkan burung kenari dengan blackthroat yang kemudian menghasilkan blackken.

Seiring berjalannya waktu, hingga pada akhirnya filial atau keturunan baru pun terus bermunculan. Setelah persilangan blackthroat dan kenari yang menghasilkan blackken sudah tidak asing lagi, barulah dikejutkan dengan kemunculan sangken yang merupakan hasil dari indukan burung edel sanger dengan kenari. Tidak lama kemudian, disusul dengan mozken yang melibatkan burung mozabik dan kenari sebagai indukannya. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah terjadinya keberhasilan ketika mengeksplorasi burung gereja dan kenari yang menghasilkan narijo.

Source:

blacksang, silangan blackthroat dan sanger, perbedaan sanger dan blacksang, perbedaan blacktrut dan blacksang, perbedaan blacktrouth blacken, perbedaan blackthroat dan blacksang, perbedaan blacken dan kenari, mozken, kenari narijo, ciri ciri burung blacken