Pengertian Kenari AF, AFs, YS, Loper, F1, F2, F3, F4, dst

Apa Itu Arti Kenari F1, F2, F3, F4 F5, AF, AFs, Loper, YS – Aneka macam jenis burung berkicau, hingga pada saat ini memang terus mengalami perkembangan. Baik itu pada jenis-jenis yang baru atau bahkan terus masuk, maupun peminatnya yang makin meningkat. Selain murai batu, kacer, cucak ijo, anis merah, lovebird, cendet dan pleci, salah satu burung kicauan yang sekarang ini namanya sedang naik daun adalah kenari. Berbekal suara ngerol yang mampu berdurasi panjang, menjadi sebab utama ia begitu banyak diidamkan. Selain itu, di tanah air sendiri, burung yang berkerabat dekat dengan blackthroat atau black-throated canary ini, ternyata tidak hanya marak dipelihara guna dinikmati akan kemerduan suaranya saja. Akan tetapi ia juga banyak dijadikan sebagai pengicau kontes andalan.

Meskipun suara kenari sudah bisa bilang cukup merdu untuk didengar, namun para kicaumania masih belum puas dengan hal ini. Berbagai inovasi untuk mengeksplorasi genetik terhadap jenis burung berciri khas gacor ngerol ini pun terus dilakukan. Alhasil perkawinan silang sesama jenis yang berbeda varietas, pada akhirnya bisa terbukti bahwa mampu menciptakan suatu filial atau keturunan yang mencakup kelebihan dari masing-masing indukannya, khususnya pada segi postur tubuh burung maupun suara gacornya. Kenari AF, AFs, F1, F2, F3, F4, F5 dan Loper adalah beberapa istilah dari anakan yang indukannya berbeda varietas. Kenari lokal dan Yorkshire ialah indukan yang sering dijodohkan dan menghasilkan beberapa filial tersebut.

Apa itu pengertian atau Artinya Kenari AF, AFs, YS, Lokal, Loper, F1, F2, F3, F4 dan F5

Kenari / canary via flickr @jbuphotography

Kenari F1, F2, F3, F4, F5, AF, AFs dan Loper, sebenarnya bukanlah merupakan jenis. Melainkan suatu keturunan yang dihasilkan oleh indukan sesama jenis (antara kenari dengan kenari) dan berbeda varietas (misalnya kenari lokal dengan yorkshire). Dan huruf “F” yang berada disela-sela F1, F2 dan seterusnya, dibalik ini juga menyimpan sebuah makna. Arti dari huruf “F” itu sendiri yaitu melambangkan kata Filial. Filial, di dunia hobi burung berkicau, umumnya diartikan keturunan. Dengan begitu dapat disimpulkan kalau beberapa istilah tersebut, bukanlah jenis dari burung kenari yang sesungguhnya. Melainkan penyatuan dua genetika dari burung yang berbeda varietas. Sedangkan untuk pengertiannya, berikut informasi lengkapnya;

  • Kenari F1 : hasil silangan dari indukan Yorkshire dengan lokal
  • Kenari F2 : hasil silangan dari indukan Yorkshire dengan F1
  • Kenari F3 : hasil silangan dari indukan Yorkshire dengan F2
  • Kenari F4 : hasil silangan dari indukan Yorkshire dengan F3
  • Kenari F5 : hasil silangan dari indukan Yorkshire dengan F4
  • Kenari AF : hasil silangan dari indukan F1 dengan Lokal
  • Kenari AFs (Super) : hasil silangan dari indukan F1 dengan F1
  • YS : singkatan dari Yorkshire, kenari impor berasal dari Inggris yang kerap dijadikan sebagai indukan pertama
  • Loper : singkatan dari Lokal Super, persilangan antara Kenari AF dengan Lokal
  • Kenari Impor : Kenari asal luar negeri. Misalnya Yorkshire, Gloster, Lizard dan sebagainya.
Baca  Pengertian Blackken, Blacksang, Mozken, Narijo dan Sangken

Beberapa pengertian mengenai apa itu kenari F1, F2, F3, F4, F5, AF, AFs, YS dan Loper seperti yang telah disampaikan, merupakan istilah-istilah beserta arti yang telah dikutip dari berbagai sumber. Terlepas dari itu, selain perkawinan antara sesama jenis yang berbeda varietas (semisal kenari yorkshire dengan lokal) yang menghasilkan F1 dan semacamnya, ternyata burung kenari juga sudah banyak disilangkan dengan jenis burung lain seperti mozabik, blackthroat, gereja dan sanger. Mozken, Blackken, Narijo dan Sangken adalah hasil dari persilangan antara kenari dengan beberapa burung tersebut. Sedangkan untuk blacksang, istilah ini diberikan kepada anakan burung yang indukan utamanya blackthroat dan sanger.

Source:

suara kenari f1, suara kenari Afs, apa pengertian burung kenari suara roldot, kenari f1 f2 f3, kenari f1, persilangan kenari af dan lokal super, kenari f1 ys nembak, istilah kenari f1 f2 f3 f4, kenariaf nembak, kenari f5