Aneka Pakan / Makanan Trucukan Biar Cepat Ropel

Pakan Trucukan – Makanan yang diberikan kepada aneka macam jenis burung berkicau, termasuk untuk burung yang juga biasa disebut cerukcuk atau trucuk ini, memang sangat berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya. Baik itu pada segi kesehatan maupun pengembangan terhadap kemampuan berkicau-nya. Selain asupan alami, jenis pakan yang baik diberikan adalah yang berupa buatan seperti veor. Pasalnya di dalam voer, terbilang cukup kaya akan kandungan protein dan nutrisi-nutrisi lainnya yang sangat berperan bagi pertumbuhan burung.

Makanan trucukan yang baik sendiri, berdasarkan sepengetahuan penulis ada dua jenis. Yang pertama ialah yang berupa alami seperti buah-buahan segar dan EF (ekstra fooding) atau pakan tambahan yang meliputi serangga-serangga kecil dan ulat. Jenis pakan trucukan biar gacor yang kedua adalah yang berupa racikan atau buatan, misalnya voer. Kedua jenis asupan tersebut terbilang mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda. Untuk buah-buahan segar, terbukti bahwa di dalamnya mengandung aneka macam vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh burung.

pakan trucucakn biar gacor, gacor, yang baik, racikan, makanan agar cepat gacor, di alam liar, trucuk gacor

Trucukan / Yellow-vented Bulbul (Pycnonotus goiavier) via flickr @Darren Bellerby

Sedangkan untuk makanan trucukan agar cepat gacor yang berupa EF dan Voer, tak sedikit yang mengklaim kalau di dalamnya terkandung kadar protein tinggi yang amat bagus jika bisa dikonsumsi oleh burung. Namun karena mengandung protein tinggi, takaran atau porsinya pun sebaiknya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik burung. Beberapa burung tertentu memang ada yang membutuhkan asupan protein tinggi sehingga pemberian pakan berprotein harus lebih ditekankan. Akan tetapi tidak sedikit juga individu burung yang kurang sesuai bila diberi makanan berprotein tinggi secara berlebihan dan dampaknya pun cenderung kurang bagus.

Oleh karena itu, ada baiknya jika pakan trucukan diberikan dengan lebih berhati-hati. Dengan kata lain, sangat dianjurkan untuk memberikan makanan dengan tepat. Baik itu pada porsi maupun kebutuhan asupan berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh burung. Selain itu, supaya terjauh dari hal-hal yang kurang diinginkan, maka ada baiknya untuk selalu memperhatikan dampak-dampak yang terjadi setelah burung diberi jenis makanan tertentu (terutama yang berupa EF) dan dengan setelan tertentu. Apabila semuanya (termasuk perawatan dan pakan) sudah berjalan dengan apa yang diharuskan, niscaya hasil yang diidamkan akan lekas diperoleh.

Makanan Trucukan Di Alam Liar

Ketika di habitat asalnya, burung yang berkerabat dekat dengan cucak rowo dan cucak jenggot ini selalu mengutamakan jenis pakan alami yang sangat digemari olehnya. Beberapa jenis pakan trucukan saat berada di alam liar diantaranya ialah berbagai buah-buahan segar dan EF (ekstra fooding) atau makanan tambahan yang meliputi aneka macam serangga kecil dan juga ulat.

Adapun jenis buah-buahan yang sering dikonsumsi oleh pengicau bersuara khas ropel ini adalah pisang, apel, pepaya dan sebagainya. Sedangkan untuk aneka macam EF atau makanan tambahan yang digemarinya antara lain serangga kecil seperti jangkrik dan belalang, kroto atau telur semut dan jenis-jenis ulat tertentu. Untuk burung peliharaan, oleh pemiliknya kerap diberi ulat hongkong.

Pakan Voer Biar Trucukan Cepat Gacor

Di dalam makanan trucukan yang berupa voer, terkandung berbagai macam nutrisi yang belum tentu ada pada pakan alami seperti EF dan buah-buahan. Itu sebabnya, alangkah baiknya jika voer selalu tersedia pada wadah makannya. Namun tidak semua burung bisa langsung mau untuk menyantap jenis asupan kering ini, terutama untuk burung yang merupakan hasil dari tangkapan atau muda hutan (MH).

Kalau hal tersebut sampai terjadi, maka tindakan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melatih trucukan agar mau makan voer. Melatih-nya supaya mau mengkonsumsi voer, bisa dengan cara mencampur voer dengan buah-buahan seperti pepaya, apel dan pisang yang telah dipotong lembut-lembut, atau mungkin dengan EF yang berupa kroto kemudian dimasukkan pada wadah makannya.

Racikan Pakan Trucukan

Sebagaimana yang telah dikutip dari laman omkicau.com, makanan trucukan racikan ini, dibilang bisa membuat burung jadi lebih rajin bunyi khususnya dengan variasi suara ropel. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pakan racikan adalah buah apel, ktoro dan multivitamin. Pertama-tama, apel diparut hingga lembut kemudian diperas. Setelah kadar air pada parutan apel sudah berkurang bisa segera dicampur dengan kroto yang telah dibersihkan dari sisa-sisa semut. Aduk campuran parutan apel dan kroto hingga merata kemudian ditetesi multivitamin.

Source:

makanan trucukan agar cepat gacor, burung trucukan, trucukan, burung trucuk, makanan burung trucukan, makanan burung trucuk, macam jenis trucukan, burung trocok, jenis trucukan yang bagus, pakan burung trucukan