Aneka Pakan / Makanan Jalak Suren Biar Gacor dan Sehat

Makanan / Pakan Jalak Suren – Burung yang memiliki nama ilmiah Sturnus contra ini, hingga pada saat ini memang terus diburu oleh para kicaumania. Suara jalak suren gacor yang terbilang menjanjikan, menjadi sebab utama namanya bisa populer. Mengingat suaranya yang banyak dibilang mumpuni, hal ini cukup wajar untuk terjadi. Pasalnya burung yang berkerabat dekat dengan jalak nias ini memang mampu menirukan berbagai kicauan jenis burung berkicau lainnya. Selain itu, ia pun ternyata juga bisa ngomong atau menirukan manusia bicara. Sedangkan dari beberapa jenis atau daerah asalnya, yang sekarang ini begitu banyak diidamkan adalah jalak suren jawa atau lokal.

Dalam merawat burung yang juga biasa disebut kerak ungu ini lekas bunyi dengan suara maksimalnya, tentu bukanlah perkara instan. Bisa dibilang begitu, sebab selain setalan atau perawatan, makanan jalak suren agar cepat gacor yang diberikan setiap harinya juga sangat menentukan potensi burung, khususnya pada segi suaranya. Jika perawatan harian kurang diperhatikan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa penampilan burung akan cenderung biasa-biasa saja. Disamping itu untuk segi kesehatan burung pun juga bukan tidak mungkin kalau kurang sempurna jika rawatan hariannya diberikan dengan kurang baik oleh sang pemiliknya.

makanan atau pakan jalak suren jawa, anakan, biar dan agar cepat gacor, yang bagus, bakalan, racikan, umur 2 bulan

Jalak Suren (Sturnus contra) via flickr @trishafatema (ON/OFF)

Apabila makanan jalak suren sudah diberikan dengan baik dan benar semenjak burung masih anakan sekitar umur 2 bulan, tidak menutup kemungkinan pula kalau nantinya ketika sudah menginjak bakalan, maka ia akan mempunyai suara serta mental bertarung yang bagus. Disamping itu, jika pakan dan perawatan hariannya sudah diterapkan dengan baik, benar, sesuai, teratur, konsisten dan sesuai dengan karakter burung, niscaya hasil yang memuaskan akan lekas diperoleh. Sehubungan dengan perawatan, setalan yang kerap diberikan oleh para pengorbit burung juara, sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan rawatan harian yang banyak dilaksanakan oleh kicaumania pada umumnya.

Rutin memandikan, menjemur dan selalu menjaga kebersihan kandang adalah beberapa perawatan harian dasar yang umum diterapkan oleh para pencetak burung juara. Selain itu untuk setelan tambahan, juga tidak jauh beda dengan upaya yang banyak dilakukan oleh kebanyakan kicaumania, yaitu dengan memaster. Namun demi menunjang keberhasilan dari metode-metode tersebut, ada baiknya jika selalu memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung untuk berkembang. Dan kecukupan nutrisi itu sendiri, pada dasarnya sangat bergantung terhadap pakan jalak suren yang bagus. Dengan kata lain, makanan yang diberikan harus mengandung gizi yang lengkap, misalnya protein, vitamin, lemak, mineral dan sebagainya.

Jenis makanan jalak suren sendiri, sesungguhnya hanya ada dua macam, yaitu yang berupa alami dan racikan atau buatan. Untuk makanan alami yang paling disukai oleh burung dari suku Sturnidae ini ketika di berada di alam bebas, diantaranya adalah buah-buahan segar dan EF (ekstra fooding) atau makanan tambahan. Sedangkan untuk jenis pakan jalak suren racikan atau lebih tepatnya yang berupa buatan ialah voer. Diantara buah-buahan segar, ekstra fooding dan voer, ketiganya mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai macam-macam pakan yang bisa disajikan kepada burung dari genus Sturnus ini, berikut informasi lengkapnya;

Buah-buahan Segar

Di dalam buah-buahan segar terdapat aneka macam vitamin yang yang berperan bagi pertumbuhan burung. Baik itu pada segi kesehatan maupun pengembangan kemampuan gacornya. Sehubungan dengan itu, adapun buah-buahan segar yang banyak diberikan antara lain pepaya, pisang, apel dan semacamnya. Untuk pisang, umumnya setiap jenis burung berkicau sangat menyukai pisang kepok putih. Sedangkan untuk apel, tidak sedikit yang beranggapan bahwa apel merah mempunyai kandungan yang lebih bagus dibandingkan dengan apel hijau. Disamping itu, beberapa jenis buahan tersebut juga banyak dijadikan sebagai makanan jalak suren jawa atau lokal, malaysia dan sebagainya.

EF (Ekstra fooding) atau Makanan Tambahan

Meskipun namanya makanan tambahan, akan tetapi EF ini sebenarnya juga tergolong sebagai pakan jalak suren yang utama selain buah-buahan segar. Bisa demikian, sebab pengicau berbadan gempal ini, pada dasarnya adalah burung omnivora atau pemakan segala. Untuk jenis ekstra fooding yang banyak diberikan antara lain jangkrik, belalang, orong-orong, kroto, ulat hongkong, cacing tanah dan lain sebagainya. Khusus untuk ulat hongkong, sebaiknya lebih diperhatikan akan takaran atau porsi pemberiannya. Memberikan ulat hongkong secara berlebihan, tidak sedikit yang mengatakan bahwa hal ini bisa membuat burung jadi rentan terhadap penyakit karatak yang menyerang bagian mata.

Voer

Makanan jalak suren buatan yang berupa voer ini memang bukan termasuk sebagai pakan utamanya ketika berada di alam bebas. Meskipun tidak harus diutamakan seperti halnya buah-buahan segar dan ekstra fooding, akan tetapi sangat disayangkan kalau jenis pakan kering ini sampai tidak diberikan. Pasalnya banyak yang berasumsi bahwa di dalam voer terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap, misalnya mineral, protein, serat dan lain sebagainya. Disamping itu, kadar nutrisi yang terdapat pada voer juga belum tentu ada di dalam buah-buahan maupun EF. Sedangkan untuk jenis voer yang umum diberikan adalah yang berkadar protein sedang antara 12-18%.

Pasir atau Serbuk Lembut

Pasir atau serbuk lembut ini, berbeda dengan pakan jalak suren yang berupa makanan alami ataupun buatan. Apabila buah-buahan segar, ekstra fooding dan voer berfungsi untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi, akan tetapi tidak untuk serbuk lembut ini. Secara umum, tujuan dari pemberian pasir adalah untuk membantu atau melancarkan proses pencernaan burung. Disamping itu, jika misalnya tidak ada serbuk pasir lembut, maka bisa menggantikannya dengan serbuk lain seperti parutan atau pasir batu bata misalnya. Supaya  burung cepat tertangani ketika pencernaannya sendang terganggu, maka tidak ada salahnya jika serbuk pasir selalu tersedia pada wadahnya.

Source:

makanan jalak suren, voer hijau untuk jalak suren, jenis makanan jalak malaysia, pakan untuk anakan burung suren, pakan untuk jalak suren, pasir untuk jalak suren, pemberian pasir untuk jalak suren, poer yang cocok buat jalak suren, poor yang bagus untuk jalak suren, Pur buat jalak suren