Aneka Pakan / Makanan Cucak Jenggot Biar Gacor dan Sehat

Makanan Cucak Jenggot – Cepat gacor dengan suara yang menjanjikan adalah tujuan utama dari setiap perawatan aneka macam jenis burung berkicau. Pemelihara murai batu, kacer, cucak ijo, anis merah, lovebird, kenari, cendet, pleci, terkhusus untuk pemilik burung bernama latin Alophoixus bres ini, sudah tentu kalau hampir semuanya menginginkan hal tersebut. Namun untuk mencapainya tentu bukanlah perkara yang instan, melainkan diperlukan suatu upaya yang lebih. Selain perawatan harian, pakan cucak jenggot yang bagus juga sangat menentukan potensi burung untuk kedepannya.

Untuk perawatan cucak jenggot sendiri, setelan harian dasar yang diterapkan oleh para pengorbit burung juara, sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan rawatan harian yang diberikan oleh para kicaumania pada umumnya. Misalnya dengan rutin memandikan di pagi dan sore hari, menjemur seusai dimandikan, selalu menjaga kebersihan sangkar dan polesan tambahan berupa pemasteran. Namun untuk menunjang beberapa metode tersebut, makanan cucak jenggot biar cepat gacor yang diberikan  setiap harinya juga sangat berperan terhadap angka keberhasilan.

Pakan atau makanan cucak jenggot biar cepat gacor, di alam liar, agar rajin bunyi, yg bagus.

Cucak Jenggot (Alophoixus bres) via flickr @Lip Kee

Untuk pakan cucak jenggot agar rajin bunyi sendiri, secara umum ada dua golongan, yaitu yang alami dan berupa racikan atau buatan. Untuk jenis asupan buatan, yang kebanyakan bagus dan aman diberikan ialah voer atau yang juga biasa disebut dengan poor. Sedangkan untuk makanan cucak jenggot di alam liar, diantaranya adalah buah-buahan segar dan berbagai EF (Ekstra fooding) atau asupan tambahan. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai jenis asupan yang bisa diberikan kepada pengicau yang berkerabat dekat dengan cucak rowo ini, berikut ringkasan informasi lengkapnya;

Buah-buahan untuk Cucak Jenggot

Buah-buahan tergolong sebagai makanan cucak jenggot yang bagus untuk diberikan. Pasalnya di alam bebas, burung dari suku Pycnonotidae ini memang menjadikan buah-buahan sebagai konsumsi yang paling utama. Adapun beberapa buah-buahan yang kerap diberikan antara lain pepaya, pisang kepok khususnya pisang kepok putih, apel, pir dan lain-lain. Semua jenis buah tersebut mempunyai kandungan dan manfaat tersendiri. Semisal untuk pepaya, dimana pepaya kerap dinilai mampu meningkatkan daya tahan tubuh burung jika diberikan secara rutin.

Selain banyak dipercaya bahwa mampu meningkatkan kekebalan tubuh, karena teksturnya yang lembut, maka wajar apabila pepaya seringkali dianggap cukup mudah dicerna oleh sistem pencernaan hampir setiap jenis burung pemakan buah-buahan. Khusus untuk pisang, ada baiknya jika bagian kulit dibersihkan terlebih dahulu sebelum diberikan. Tujuannya adalah supaya kulit lebih steril dari bahan berbahaya seperti pestisida yang nantinya sangat dikhawatirkan kalau bisa mengkontaminasi bagian daging pisang dan ikut terkonsumsi oleh burung.

Jangkrik dan Belalang untuk Cucak Jenggot

Kedua jenis pakan ini umum disebut sebagai pakan tambahan. Meski kerap dianggap sebagai asupan tambahan, namun jangkrik dan belalang sebenarnya merupakan makanan cucak jenggot yang paling sering dicari di alam liar selain buah-buahan. Di dalam jangkrik dan belalang, tersimpan kandungan protein cukup tinggi yang sangat berperan bagi pertumbuhan burung. Namun khusus untuk jangkrik, karena banyak dipercaya mampu meningkatkan birahi burung, maka ada baiknya jika porsi lebih diperhitungkan.

Sedangkan untuk belalang, tidak semua jenis belalang baik untuk diberikan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis belalang yang beracun, sehingga sebaiknya jangan sampai terkonsumsi oleh burung. Umumnya belalang yang banyak diberikan oleh para kicaumania adalah belalang hijau. Jenis tersebut bisa didapatkan pada dedaunan padi yang ada di persawahan ataupun rerumputan hijau lainnya.

Kroto untuk Cucak Jenggot

Pakan cucak jenggot yang berupa kroto ini memiliki kandungan protein yang ternilai cukup tinggi. Pemberian kroto dimaksudkan agar suara burung jadi lebih ngeplong atau lantang. Itu sebabnya cukup wajar jika kroto kerap diberikan kepada burung yang hendak dilombakan. Memberikan kroto secara teratur juga sering dianggap bisa membuat bulu burung jadi tampak lebih mengkilap. Meskipun banyak dibilang mempunyai manfaat yang bagus, namun untuk menghindari hal-hal yang cenderung tidak diinginkan, maka ada baiknya jika kroto tidak diberikan dengan berlebihan.

Ulat untuk Cucak Jenggot

Jenis ulat yang kerap diberikan oleh para kicaumania adalah ulat hongkong. Hampir sama halnya dengan EF lain seperti kroto, belalang dan jangkrik, dimana ulat hongkong juga mempunyai kandungan protein yang terbilang tinggi. Karena kandungan protein-nya cukup tinggi, guna menghindari risiko yang kurang bagus, maka sebaiknya tidak diberikan dengan berlebihan. Memberikan ulat hongkong secara berlebihan, seringkali dianggap bisa memicu terjadinya penyakit katarak yang menyerang bagian mata burung.

Disamping itu, sebelum diberikan sebaiknya bagian kepala ulat dipotong atau disisihkan terlebih dahulu. Pasalnya bagian kepala ulat hongkong memang memiliki tekstur yang cenderung keras, sehingga tidak menutup kemungkinan kalau nantinya cukup sulit untuk dikonsumsi oleh burung. Disamping sulit untuk dikonsumsi, bagian kepala ulat juga mempunyai gigi yang relatif tajam, sehingga bisa menggigit bagian tenggorokan burung saat mengkonsumsinya.

Voer untuk Cucak Jenggot

Voer atau yang juga umum disebut dengan poor ini, bukanlah merupakan makanan cucak jenggot alami atau asupan utamanya ketika berada di alam bebas. Meskipun tidak tergolong sebagai pakan pokok ketika berada pada habitat asalnya, akan tetapi voer sangat bagus untuk diberikan. Bisa demikian, sebab di dalam jenis pakan buatan ini terdapat kandungan nutrisi yang cukup beragam, misalnya protein, mineral, serat dan lain sebagainya.

Selain itu, kadar yang ada pada voer sendiri juga belum tentu ada pada buah-buahan segar, kroto, jangkrik maupun belalang. Itu sebabnya sangat disayangkan kalau voer tidak sampai terkonsumsi oleh burung. Sedangkan untuk jenis poor yang umum diberikan oleh para kicaumania, yaitu yang berkadar protein sedang antara 12-18%. Diluar itu tidak menutup kemungkinan kalau bisa sesuai dengan karakter burung.

Source:

makanan cucak jenggot, cucak jenggot biar gacor terus, pakan cucak jenggot, makanan cucak jenggot biar cepat gacor, perawatan cucak jenggot biar gacor, Voer cucak jenggot, pakan burung cucak jenggot, voer untuk cucak jenggot, makanan burung cucak jenggot, download mp3 suara isian burung lovebird