Tips Menjinakan Pleci Bakalan yang Liar / Giras

Cara Menjinakkan Pleci – Liar atau giras memang biasa terjadi pada burung bakalan yang baru dibeli dari ombyokan, khususnya untuk pengicau yang kerap disebut burung kacamata ini. Pasalnya burung yang dijual di ombyokan, pada umumnya adalah burung-burung yang merupakan hasil tangkapan atau muda hutan. Itu sebabnya, cukup wajar jika ia terlihat giras karena pada habitat asalnya belum terbiasa dengan kehadiran manusia begitupun lingkungan barunya saat berada di dalam sangkar. Demi mempercepat perkembangannya, terutama pada segi suara gacornya, maka penjinakkan burung pleci yang masih liar sangat perlu untuk diterapkan.

Cara menjinakkan pleci bakalan dimaksudkan agar ia tidak lagi liar. Dan maksud tersebut, bisa dibilang bahwa merupakan hal paling penting yang harus dimiliki khususnya oleh burung yang dijadikan sebagai pengicau kontes andalan. Bisa demikian, sebab untuk pengicau lomba yang sangat diproritaskan adalah burung-burung yang sudah tidak liar, sehingga ia tidak gelabakan atau ngelabrak saat dihampiri oleh para juri perlombaan dengan tujuan ingin memberikan nilai. Kalau burung terlihat giras dan kalang kabut tidak jelas saat dalam uji penilaian, maka otomatis nilainya pun juga akan menjadi kurang maksimal.

cara menjinakan pleci yang giras, liar, ombyokan dengan cepat, dada kuning atau dakun dan daput atau dada putih.

Menjinakkan Pleci

Semakin cepat cara menjinakkan pleci bakalan dilakukan, maka makin baik pula akan hasilnya. Namun jika metode penjinakkan tidak segera diupayakan semenjak burung masih muda atau bahan, maka sangat dikhawatirkan kalau nantinya ia akan lebih sulit untuk dijinakkan ketika sudah menginjak dewasa. Untuk cara penjinkkannya sendiri, sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Bisa dibilang begitu, sebab cara untuk menjinakkannya adalah dengan pemandian hingga basah kuyup, memberikan terapi lidi, teknik pemberian pakan pleci dan sering ditrek atau digantang pada tempat yang ramai. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa tipsnya;

Pemandian Hingga Basah Kuyup

Menjinakkan pleci giras atau yang masih liar dengan memandikan hingga basah kuyup, terbilang cukup efisien. Pasalnya ketika burung dalam keadaan basah kuyup, otomatis ia tidak akan bisa menunjukkan sifat girasnya. Terlebih lagi kalau metode tersebut rutin dilakukan, pastinya burung akan semakin terbiasa untuk tidak menunjukkan perilaku liarnya.

Rutin membelai burung saat dalam keadaan basah kuyup juga perlu dilakukan supaya ia bisa terbiasa dengan kehadiran manusia. Namun agar burung tidak merasa kedinginan, maka ada baiknya jika pemandian diterapkan pada waktu yang semestinya, yaitu di pagi hari ketika sinar panas matahari terbit atau sore hari sebelum fajar terbenam dan kemudian burung lekas dijemur atau hanya diangin-angikan saja hingga kering.

Terapi Lidi

Bahan yang diperlukan dalam metode ini ialah sebatang lidi yang ukurannya tidak terlalu pendek. Sedangkan untuk tahapannya, pertama-tama lakukan pemandian hingga basah kuyup seperti yang telah disampaikan di atas. Setelah burung kering dari penjemuran, lalu ambil sebatang lidi yang telah disiapkan. Tips tersebut juga bisa dijadikan sebagai cara menjinakkan pleci dakun atau dada kuning dan daput atau dada putih.

Lakukan cara tersebut se rutin mungkin, sehingga lama-kelamaan burung akan menjadi terbiasa dengan sentuhan lidi. Jika burung sudah tidak lagi menunjukkan sifat liarnya saat tersentuh oleh lidi, perlahan potong dikit demi sedikit ukuran lidi hingga ia mau disentuh oleh tangan. Namun kalau metode sedemikian tidak berhasil, maka tidak ada salahnya jika mengulanginya mulai dari awal lagi dengan sebatang lidi yang berukuran agak panjang.

Teknik Pemberian Pakan Pleci

Saat merasa lapar pleci akan sangat bergantung pada pemiliknya. Dan disaat momen tersebut terjadi, kita bisa memanfaatkannya untuk menjinakkan pleci yang masih liar. Pola pemberian pakan pleci saat lapar yang bertujuan supaya ia tidak lagi giras, dapat dilakukan dengan cara menyuapinya menggunakan lidi. Untuk jenis makanan yang paling mudah diberikan dengan metode tersebut adalah EF yang berupa ulat kandang.

Metode pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menancapkan pakan EF berupa ulat kandang pada ujung lidi kemudian suapkan atau berikan kepada burung. Semakin sering cara tersebut dilakukan, maka semakin cepat pula peluang pleci untuk menjadi jinak. Apabila burung sudah terlihat tidak takut ketika diberi makanan melalui lidi, maka potong sedikit demi sedikit ukuran lidi hingga ia mau disuapi menggunakan tangan.

Digantang atau Ditrek Pada Tempat yang Ramai

Tempat yang bisa digunakan untuk menggantang pleci supaya cepat jinak adalah tempat yang ramai akan aktivitas manusia, misalnya halaman depan toko, bawah pohon rindang tepi jalan raya dan wilayah-wilayah ramai lainnya. Selain memungkinkan bahwa dapat menghilangkan sifat liar atau girasnya, menggantang pada tempat ramai juga tidak menutup kemungkinan kalau bisa melatih mental pleci.

Source:

cara menjinakan pleci dada kuning, mengatasi pleci giras, cara menjinakan pleci yang giras, harga dakun bali, donlod burung jalak nias betina, cara menjinakan pleci, menjinakan pleci, cara merawat pleci liar, cara menjinakan pleci ombyokan, cara menjinakan pleci giras