Tips Mengatasi Lovebird yang Sering Ngeruji

Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji – Burung yang memiliki ciri khas paruh bengkok ini, sekarang mulai cukup marak dilombakan di berbagai daerah. Suara lovebird ngekek yang mampu berdurasi panjang, menjadi aspek penting yang menyangkut penilaian para juri saat ajang kompetisi tengah berlangsung. Makin panjang durasi suara ngekek-nya, maka semakin bagus pula nilai yang diberikan oleh juri. Disamping pemberian poin yang terletak pada segi suaranya, berdasarkan sepengetahuan penulis, ada hal yang bisa mengurangi penilaian burung ketika pelaksanaan lomba dimulai.

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kurang bagusnya penilaian burung saat lomba tengah dilaksanakan, yaitu terletak pada kebiasaan buruknya, seperti ngeruji misalnya. Ciri-ciri dari burung yang sering melakukan kebiasaan tersebut adalah seringkali beraktivitas yang berada dekat dengan jeruji sangkar, misalnya kerap menggigit, bertengger dan menubrukkan diri pada jeruji sangkar. Jika kebiasaan sedemikian sampai dilakukan olehnya, maka ada baiknya jika cara mengatasi lovebird ngeruji segera diterapkan supaya perilakunya yang cenderung kurang baik bisa lekas hilang.

cara mengatasi lovebird ngeruji saat lomba, yang suka, sering, nakal.

Contoh Gambar Lovebird Ngeruji via flickr @Peter Békési

Apabila cara mengatasi lovebird yang suka ngeruji tidak segera dilaksanakan sejak dini, maka sangat dikhawatirkan kalau perilaku yang kerap dinilai kurang bagus ini bisa menjadi suatu kebiasaan burung yang nantinya sulit untuk dihilangkan. Meskipun suatu saat burung sudah bisa gacor dengan suara ngekek yang durasinya relatif panjang, namun ia masih saja sering menggigit, bertengger, menghantamkan tubuh atau melakukan aktivitas lainnya yang bersentuhan dengan jeruji sangkar, otomatis nilainya pun akan jadi kurang maksimal saat diikutsertakan ke dalam ajang perlombaan.

Cara mengatasi lovebird yang sering ngeruji, sebaiknya dilakukan setelah diketahui dengan jelas penyebabnya. Sebab-sebab yang tidak menutup kemungkinan bisa memicu terjadinya kebiasaan ngeruji yaitu lantaran sedang over birahi, karena penempatan tangkringan yang kurang sesuai dan sebagainya. Kalau sudah diketahui penyebabnya adalah over birahi, maka penanganannya adalah dengan lebih memperhitungkan kembali pemberian pakan lovebird, khususnya yang berupa EF. Namun jika sebab utamanya ialah pola tangkringan yang kurang tepat, merubah posisinya ialah solusi yang paling tepat.

Mengatur Pemberian EF (Ekstra fooding) atau Pakan Tambahan

Di dalam pakan lovebird yang berupa EF seperti kangkung dan kuaci, banyak yang bilang bahwa didalamnya terdapat kandungan protein yang cukup tinggi. Karena kadar protein-nya yang terbilang tinggi, hal ini pun kerap dinilai kalau bisa membuat burung jadi over birahi jika diberikan dengan porsi yang berlebihan. Dan tingkat birahi yang terlalu over, memungkinkan lovebird menjadi sering ngeruji.

Mengatasi lovebird ngeruji yang terjadi lantaran over birahi karena pakan EF yang terlalu berlebihan, bisa ditindaklanjuti dengan cara menghentikan pemberian EF sementara waktu. Disaat pemberian EF dihentikan, pemilik bisa lebih menekankan penyajian pakan yang rendah protein. Makanan lovebird yang banyak dianggap bahwa tidak mengandung protein terlalu tinggi ialah biji-bijian seperti canary seed dan milet putih misalnya.

Merubah Pola atau Posisi Tangkringan

Pola tangkringan yang kurang tepat, biasanya juga bisa memicu terjadinya lovebird ngeruji. Terlebih lagi apabila hanya ada sebatang tangkringan di dalam sangkar, hal ini cukup memungkinkan kalau bisa membuatnya menjadi sering beraktivitas dekat dengan jeruji sangkar. Dampak dari seringnya burung yang gemar mendekati jeruji sangkar, lama-kelamaan akan membuatnya jadi lebih memilih untuk bertengger pada jeruji dan kemudian merasa nyaman, sehingga terciptalah kebiasaan baru yang cenderung kurang bagus.

Kebiasaan buruk burung yang sering bertengger pada jeruji sangkar dapat dicegah dengan cara memberikan tangkringan yang jumlahnya lebih dari satu. Bisa dua, tiga atau bahkan empat batang tangkringan sekaligus. Maksud dari pemberian tangkringan yang tidak hanya satu adalah supaya nantinya bisa dipasang dengan pola yang lebih beragam, misalnya menyilang. Karena pola tangkringan lebih beragam, maka cukup memungkinkan kalau dikemudian hari burung akan sesekali bertengger pada satu tangkringan tertentu.

Tanpa disadari lama-kelamaan ia pun akan seringkali hinggap pada tangkringan yang telah dipasang dengan pola beragam, baik secara disengaja ataupun tidak. Kalau burung telah mendapatkan kenyamanan saat bertengger pada tangkringan dengan pola yang digemari olehnya, niscaya nantinya ia akan lebih memilih untuk berdiri pada tangkringan yang telah disediakan daripada bertengger pada jeruji sangkar yang cenderung kurang nyaman untuk dipandang.

Mengawinkan

Jika kedua cara mengatasi lovebird ngeruji seperti di atas tidak berhasil dan sudah diketahui dengan jelas kalau penyebabnya adalah karena sedang over birahi, penanganan selanjutnya ialah dengan mengawinkannya. Karena tingkat birahi yang over bisa memicu terjadinya ngeruji, maka dengan mengawinkan burung bertujuan agar ia bisa menyalurkan birahi kepada lawan jenisnya. Jika sudah tersalurkan, otomatis tingkat birahinya akan semakin berkurang. Mencarikan pasangan sebelum perkawinan dimulai, bisa dengan cara melepasnya pada kandang umbaran yang berisikan lebih dari satu ekor burung yang berbeda jenis kelamin dengannya.

Tujuan dari penjodohan yang dilakukan dengan metode pelepasan pada kandang umbaran yang berisi lebih dari seekor burung, yaitu supaya ia dapat menentukan mana pasangan yang sesuai dengan pilihannya. Apabila pasangan burung kurang cocok antara satu sama lain, banyak yang beranggapan kalau nantinya proses perkawinan bisa berlangsung lama atau bahkan tidak berjalan sama sekali jika tetap dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya hanya kawinkan burung dengan pasangan yang sesuai dengan pilihannya agar proses bisa segera terselesaikan dan supaya burung bisa lekas lepas dari kebiasaan ngeruji-nya.

Source:

cara mengatasi lovebird gigit jeruji, mengatasi lovebird gigit sangkar, mengatasi lovebird ngeruji, lovebird gigit jeruji, cara mengatasi lovebird nakal, love bird gigit jeruji, solusi love bird suka gigit jeruji, lovebird sering gigit jeruji, tips agar Lovebird tidak polah, cara mengatasi lb ngeracak