Perbedaan Ciri Kenari Jantan dan Betina

Berita seputar Harga Burung Terbaru 2017 kali ini berisi informasi Perbedaan Ciri Kenari Jantan dan Betina. Selamat membaca dan terima kasih telah mengunjungi situs Kicau Burung Indonesia SuaraKenari.net.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina – Burung yang berkerabat dekat dengan blackthroat atau lebih tepatnya black-throated canary (Serinus atrogularis) ini, hingga pada saat ini peminatnya terus meningkat. Di berbagai pelaksanaan lomba kelas untuk jenisnya pun, peserta yang ikut berkompetisi juga selalu mendominasi. Suara kenari yang berciri khas gacor ngerol menjadi penentuan yang paling diperhitungkan dalam penilaian lomba. Semakin panjang durasi ngerol, maka makin bagus pula nilainya. Disamping panjangnya durasi ngerol, ragam variasi suara kenari juga cukup dipertimbangkan.

Makin banyak variasi isian kicau yang dikuasai, otomatis penilaian-nya pun juga akan semakin tinggi. Dengan kata lain, jika ia sudah punya banyak isian, misalnya suara ciblek, jalak suren, blackthroat, atau gelatik batu / wingko, maka potensinya di arena perlombaan akan semakin tinggi. Namun, berdasarkan sepengetahuan penulis, burung yang gacor dengan suara lebih lantang, berdurasi panjang dan bervariasi adalah jenis jantan. Oleh sebab itu, bagi rekan-rekan yang ingin memelihara pengicau bernama ilmiah Serinus canaria ini, ada baiknya kalau menentukan serta mengetahui  cara membedakan kenari jantan dan betina.

Membedakan atau Perbedaan ciri Kenari Jantan Betina Anakan dan Dewasa

Kenari (Serinus Canaria) via flickr @Juan Emilio

Apabila tujuan dari pemeliharaan burung kenari adalah untuk dijadikan sebagai pengicau kontes, maka pejantan adalah pilihan yang sangat tepat. Kalau sudah punya burung jantan, akan tetapi kondisinya sedang macet bunyi sehingga tidak bisa diikutsertakan kedalam perlombaan, upaya pertama yang bisa rekan-rekan lakukan supaya ia mau bunyi lagi yaitu dengan membeli atau hanya memperdengarkan suara kenari betina birahi memanggil jantan. Namun sebelum membelinya, dengan mengetahui perbedaan ciri-ciri kenari jantan dan betina, tentunya akan sangat membantu dan tidak salah pilih jenis kelamin burung yang diinginkan.

Ciri-ciri dari kedua jenis kelamin burung yang dikelompokkan pada suku Fringillidae ini, sebenarnya berbeda-beda dan tergantung pada usianya. Membedakan kenari jantan dan betina anakan dan dewasa, tentu caranya tidak sama. Apabila burung dewasa bisa diketahui dengan jelas akan jenis kelamin-nya melalui pengamatan suara, tetapi metode ini cukup sulit untuk diterapkan pada burung anakan, terutama yang masih berusia dibawah 1 bulan yang kondisinya belum bisa buka paruh dengan suara ngerol. Terlepas dari itu semua, bagi rekan-rekan yang belum mengetahui perbedaan jantan dan betina dari burung kenari anakan atau dewasa, maka tidak ada salahnya jika menyimak beberapa info berikut;

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Dewasa

Ciri-ciri Kenari Jantan Dewasa

  • Suara lantang dengan durasi ngerol yang panjang dan lebih bervariasi
  • Posisi mata sejajar lurus dengan rongga atau garis paruh
  • Pen atau dubur terlihat menonjol ke depan
  • Tubuh panjang, besar dan tegas
  • Kaki lebih panjang dengan jarak kaki yang agak renggang
  • Kepala kecil dan ramping.

Ciri-ciri Kenari Betina Dewasa

  • Suaranya cenderung tidak berdurasi panjang dengan sedikit varaisi dan terkadang ngerol-nya putus-putus
  • Posisi mata berada di atas dan tidak sejajar dengan rongga atau garis paruh
  • Pen atau dubur terlihat rata membidang
  • Tubuh berukuran lebih kecil dengan bentuk membulat
  • Kaki cenderung pendek dengan jarak jari yang lebih rapat
  • Kepala bulat dan besar.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Anakan

Ciri-ciri Kenari Jantan Anakan

  • Menginjak usia 3 hari, terlihat saluran pembuluh vena yang turun dari perut menuju ke pen atau dubur
  • Ketika sudah berumur sekitar 7 hari, biasanya posisi mata terlihat sejajar dengan rongga atau garis paruh
  • Jika sudah berusia kurang lebih 2 sampai 3 minggu, terkadang lompatannya berjarak lebih jauh dan tinggi dibanding dengan betina.

Ciri-ciri Kenari Betina Anakan

  • Saat berumur 3 hari, tidak terlihat adanya pembulu vena
  • Menginjak usia antara 7 hari, kebanyakan posisi mata mata berada tepat di atas rongga atau garis paruh
  • Ketika sudah berusia 2 hingga 3 minggu, jarak lompatan kenari betina tidak lebih jauh atau tinggi jika dibandingkan dengan jantan.

Beberapa informasi mengenai perbedaan kenari jantan dan betina anakan dan dewasa seperti yang telah disampaikan adalah metode yang banyak diterapkan oleh para kicaumania saat ini guna mengetahui jenis kelamin dari burung ini. Meskipun belum terbukti 100% akan ketepatan akurasinya, akan tetapi setidaknya masih bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam memilih jenis kelamin burung sebelum membelinya. Membedakan jenis kelamin burung kenari yang paling akurat ialah dengan mengamati suaranya yang berdurasi panjang, lantang dan bervariasi. Namun cara tersebut hanya dapat dilakukan pada burung dewasa yang sudah gacor. Dan tidak untuk diterapkan pada burung anakan yang masih belum bunyi.

Source:

ciri ciri kenari jantan birahi, ciri kenari jantan, ciri ciri kenari af jantan, ciri kenari jantan birahi, ciri kenari af jantan dan betina, gambar kenari bakalan perbedaan jantan dan betina, ciri suara kenari betina/tidak nembak, mata kenari jantan, ciri2 kenari jantan, Ciri2 knari jantan durasi panjang